Saturday, January 26, 2013

Pertamina & Pertamini



Mungkin banyak teman-teman yang bingung ketika membaca judul artikel ini. Sebenarnya simple saya akan jelaskan, pertamina disini berarti stasiun pengisian bahan bakar resmi yang telah mengantingi seabreg ijin dari pemerintah dan tersebar di seluruh lokasi – lokasi strategis di seluruh kota yang ada di seluruh Indonesia. Kepemilikan stasiun pengisian bahan bakar ini bisa saja dimiliki oleh instansi tertentu atau juga bisa saja dimiliki oleh perorangan. Sedangkan pertamini adalah sebuah istilah yang umum digunakan pada kios – kios yang menyediakan bahan bakar bensin dan (terkadang) solar dan dijual secara eceran. Harga yang ditawarkan juga tentu saja berbeda kalau di stasiun pengisisan bahan bakar resmi (pertamina) sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah, maka di kios bensin (pertamini) harga yang di patok tentu sedikit lebih mahal dari harga resmi.
Ada 2 hal yang membedakan antara kedua tempat pengisian tersebut selain dari segi harga. Yang pertama adalah kualitas dan kuantitas bahan bakar yang kita terima. Kalau di stasiun pengisian bahan bakar resmi kualitas bahan bakar/ tingkat oktan lebih terjaga dannjuga degan takaran yang pas sesuai dengan harga / jumlah yang kita beli, sehingga bahan bakar yang kita terima dalam kondisi terbaik dan dengan takaran yang pas. Sedangkan di pertamini kualitas dan kuantitas bahan bakar yang kita terima belum tentu sebaik se pas yang ada di stasiun pengisian bahan bakar resmi. Yang kedua adalah dari segi pelayanan, sepertinya saya tidak perlu menulis lebih jauh mengenai pelayanan yang kita terima di masing – masing jenis stasiun pengisian bahan bakar yang saya sebutkan barusan. Hal ini tentu saja berimbas pada kemampuan dan daya jelajah mesin kendaraan kita. Bukan berarti kios-kios bensin yang ada kurang baik, sama sekali tidak kok, karena memang kios bensin yang ada telah sangat membantu jutaan orang di Indonesia ini.
Hal yang sama juga terjadi di bimbingan belajar matematika kabataku. Orang-orang yang bekerja di sini adalah orang-orang terbaik yang telah diseleksi dengan melewati tahap seleksi yang sangat ketat yang dilakukan langsung oleh kak Daniel sebagai salah seorang owner. Karena telah melewati tahap seleksi yang sangat ketat tadi maka bisa dipastikan bahwa setiap staff adalah orang-orang terbaik di bidangnya. Di bimbingan belajar ini setiap siswa akan mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang terbaik, perhatian yang diberikan bukan hanya dari segi akademis namun juga dari segi non akademis. Adik-adik juga selalu di dorong dengan cara diberikan contoh langsung oleh setiap staff agar bisa menjadi pribadi yang positive.

No comments:

Post a Comment